Kamis, 19 Juni 2014

STRUKTUR KALIMAT MAJEMUK SETARA


STRUKTUR KALIMAT MAJEMUK SETARA
A.     Pengertian Kalimat Majemuk Setara
Kalimat majemuk koordonatif/setara terbentuk dari dua atau lebih kalimat tunggal, baik menggunakan kata tugas (penghubung) atau tidak. Kalimat ini disebut koordinatif karena hubungannya sejajar (setara). Bentuk-bentuk kalimat majemuk koordinatif yaitu:
a.       Kalimat koordinatif dapat digabungkan dengan tanda koma, jika kalimat yang digabungkan itu lebih dari dua kalimat. Pada kalimat tunggal terakhir diberi konjunsi dan yang sebelum konjungsi dan diberi tanda koma.
Struktur kalimat ini yaitu:
S/FN     P/Adj.     S/N     P/V     rel/Konj.     S/N     P/V
b.      Kalimat koordinatif secara sintaksis ditandai dengan   hadirnya konjungsi dan, lalu, kemudian, sambil dsb, apabila kedua kalimat itu sejalan atau setara
Struktur kalimat ini yaitu:
-         S/N    P/V     rel/konj.    S/N     P/V
-         S/N   P/V   rel/Konj.   S/Ө   P/V    konj.    S/ Ө    P/V
-         S/N    P/V    K/FN     rel/Konj.    S/N   P/V    O/N
-         S/N    P/V    O/N     rel/Konj.   S/ Ө    P/V    O/FN
c.       Kalimat koordinatif berlawanan dapat digabungkan dengan kata tugas tetapi, bukan-melainkan, sedangkan, sebaliknya, padahal dsb, jika kalimat itu menunjukkan pertentangan
Struktur kalimat ini yaitu:
-         S/Pron   P/F Adj.   rel/Konj.    S/ Ө      P/FV
-         S/Pron  Konj.   P/N   rel/Konj.    S/ Ө    P/FV
d.      Kalimat koordinatif yang memiliki hubungan sebab akibat secara eksplisit dinyatakan oleh partikel penghubung sebab itu, karena itu dsb.
Struktur kalimat ini yaitu:
S/Pron   P/V     O/N   rel/Konj.   S/ Ө     P/V

B.     Contoh Kalimat Majemuk Setara:
a.      S/FN     P/Adj.     S/N     P/V     rel/Konj.     S/N     P/V
Contoh:
Kepala Sekolah perhatian, guru-guru repot, dan siswa-siswanya ribut
 

S/FN       P/Adj.     S/N          P/V     rel/Konj.     S/N             P/V

Jika kita perhatikan, contoh tersebut tersusun dari 3 klausa, 2 klausa bebas dan 1 klausa terikat, yaitu:
a)      Kepala Sekolah perhatian
b)      Guru-guru repot
c)      Siswa-siswanya ribut
Konstruksi ( c ) dikatakan terikat karena adanya kata ganti kepunyaan orang ketiga (-nya) pada kata siswa-siswa yang terikat pada konstruksi (a) dan (b). Jika kita analisis berdasarkan fungsi sintaksisnya, Kepala Sekolah sebagai subjek pada konstruksi (a), dan perhatian sebagai predikatnya; guru-guru sebagai subjek pada konstruki (b) dan repot sebagai predikatnya; serta siswa-siswanya  sebagai subjek pada konstruksi ( c ) dan ribut sebagai predikatnya sedangkan dan menduduki fungsi relator. Selanjutnya, jika dianalisis berdasarkan kategorinya,
a)      Kepala Sekolah (FN) perhatian (Adj.)
b)      guru-guru (N) repot (V)
c)       siswa-siswanya (N) ribut (V)
sedangkan dan menduduki peran sebagai konjungsi.

b.      1. S/N    P/V     rel/konj.    S/N     P/V
Contoh:
Saya menggambar dan Adik belajar

S/N      P/V     rel/konj.    S/N     P/V


2.   S/N   P/V   rel/Konj.   S/Ө   P/V    konj.    S/ Ө    P/V
Contoh:
                                    S/Ө       S/ Ө    
Andi memasak, lalumakan, -  kemudian berangkat
                                                                   
S/N      P/V  rel/Konj.   P/V        konj.        P/V
3.   S/N    P/V    K/FN     rel/Konj.    S/N   P/V    O/N
Contoh:
Ibu menunggu ayah tenang, sesudah itu ia memulai pembicaraan

S/N    P/V    K/FN                rel/Konj.    S/N   P/V    O/N
4.   S/N    P/V    O/N     rel/Konj.   S/ Ө    P/V    O/FN
Contoh:
Saya menyelesaikan tugas sambil -  menikmati musik tengah hari
 

S/N                P/V       O/N    rel/Konj.   S/ Ө    P/V         O/FN
c.       1.  S/Pron   P/F Adj.   rel/Konj.    S/ Ө      P/FV
Contoh:
Sari tidak malas, tetapikurang berusaha

S/Pron P/F Adj.  rel/Konj.    S/ Ө      P/FV
2.      S/Pron  Konj.   P/N   rel/Konj.    S/ Ө    P/FV
Contoh:
Ia bukan preman, melainkanmalaikat penolong

S/Pron Konj.   P/N   rel/Konj.    S/ Ө    P/FV


d.      S/Pron   P/V     O/N   rel/Konj.   S/ Ө     P/V
Contoh:
Adi melanggar peraturan, karena itu - dihukum
 

S/Pron   P/V     O/N   rel/Konj.   S/ Ө     P/V



Sumber materi: Materi Pokok Perkuliahan Sintaksis BI (LaYani Konisi, 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar